Ini lima Alasan Pentingnya Pendidikan

Mengapa seseorang butuh pendidikan? Apa gunanya pendidikan untuk kehidupan seseorang? Saat masih kecil, mungkin beberapa orang malas untuk belajar dan merasa pendidikan itu tidak penting.

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin pernah muncul di kepala. Sebagian orang akan berpikir bahwa pendidikan itu tidak penting. Lalu, sebagian yang lainnya akan berpikir bahwa pendidikan itu penting. Lantas, apa sebenarnya hal yang mendasari pentingnya pendidikan?

Apakah semua orang harus menempuh pendidikan untuk mendapatkan kehidupan yang layak? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus membaca ulasan ini secara tuntas. Setelah selesai membaca ulasan ini, Anda akan tahu betapa pentingnya sebuah pendidikan di era modern ini. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

afdgroupcom

Lima Alasan Pentingnya Pendidikan

1.Sumber pengetahuan

Efek langsung yang bisa dirasakan dari sebuah pendidikan adalah ia memberi pengetahuan. Orang yang awalnya tidak mengerti apa-apa akan menjadi tahu. Pendidikan adalah sumber ilmu yang memberikan banyak pengetahuan kepada kita. Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini bisa dipahami dengan pendidikan. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka akan semakin terbuka pula pemikiran seseorang.

2. Membentuk karakter

Sekali lagi ditegaskan bahwa pendidikan itu memang penting. Dengan menempuh pendidikan, seseorang akan mengerti hal-hal terkait nilai dan normal yang baik atau yang salah. Pendidikan akan membentuk karakter seseorang.

Pendidikan membentuk kita menjadi pribadi yang dewasa, yang bisa merencanakan masa depan, dan bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat untuk hidup mereka. Pendidikan yang baik bisa membuat seseorang lebih manusiawi.

3.Memberi Pencerahan

Pentingnya pendidikan adalah bisa menghapuskan pemikiran yang kurang tepat dalam benak kita. Pendidikan juga bisa membetikan suatu gambaran yang jelas terkait hal-hal yang ada di sekitar kita supaya kita tidka kebingungan. Pendidikan bisa menumbuhkan motivasi dan semangat dalam diri untuk mencari tahu hal-hal yang belum diketahui. Dengan begitu, pendidikan memberi pencerahan bagi umat manusia.

4.Untuk menunjang karier

Bagi orang-orang yang menganggap pendidikan itu tidak penting, coba hadapkan dengan peluang berkarier. Apakah orang-orang yang tidak berpendidikan bisa punya karier yang cemerlang? Jawabannya pasti mustahil. Faktanya, pendidikan yang tinggi dapat mendukung seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

5.Membangun kemajuan bangsa

Pendidikan secara tak langsung berperan dalam pembangunan bangsa. Kemajuan bangsa ini ada di tangan orang-orang yang berpendidikan. Jika semua rakyat Indonesia bisa memperoleh pendidikan yang tinggi, maka masa depan bangsa pun dijamin cerah. Sebaliknya, jika anak-anak Indonesia malas menempuh pendidikan dan sibuk berfoya-foya, masa depan bangsa Indonesia pun kembali suram dan rawan diperalat oleh bangsa lain.

 

Campur Tangan Pemerintah dalam Pentingnya Pendidikan

Mengingat bahwa pendidikan itu penting, pemerintah pun tak pernah putus asa untuk mendorong anak-anak Indonesia agar mau bersekolah dan menempuh pendidikan tinggi. Program awal pemerintah adalah mewajibkan pendidikan dasar 9 tahun. Upaya lainnya adalah menawarkan beasiswa untuk anak bangsa yang berprestasi supaya bisa tetap memperoleh pendidikan yang tinggi. Beasiswa-beasiswa ini juga tidak terbatas untuk kalangan tertentu. Setiap pelajar berhak memperoleh pendidikan. Pelajar yang beruntung bisa juga menempuh pendidikan di bimbel stan.

Jika seseorang mau berusaha lebih keras, tidak susah untuk bisa menempuh pendidikan tinggi. Selama ini, pemerintah selalu mendukung para pelajar Indonesia untuk terus berkembang dan memantaskan diri. Pentingnya pendidikan adalah untuk memajukan bangsa Indonesia sendiri. Karena itu, pemerintah 100% mendukung masyarakatnya untuk menjadi masyarakat terpelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *