Metode Pembayaran Dari Masa Ke Masa Pada Pembayaran Listrik PLN

Metodepembayaran dari masa ke masa pada pembayaran listrik PLN masih merupakan salah satu cara yang terbaru. Dahulu cara ini benar-benar sangat konvensional dan juga sangat sederhana.

Mekanisme pada zaman dahulu yaitu dengan membawa slip pembayaran terakhir untuk tahu no kotak listrik yang ada atau langsung saja dicatat karena tertera di kotak listrik. Setelah itu bisa datang lebih pagi sebelum kantor dibuka untuk mendapat antrian yang pertama.

Dan setelah dipanggil sesuai no dapat menemui teller lalu memberikan atau memberitahu no yang ada dan diberitahu nominal pembayaran.Setelah itu membayar sesuai dengan nominal tersebut.Dengan begini banyak orang yang menerka banyaknya pengeluaran mereka karena mereka tak tahu.Yang diketahui bahwa lama pemakaian alat elektronik dapat meningkatkan biaya listrik.

Namun cara ini lambat laun ditinggalkan karena mulai menjadi tak efektf karena melakukan kecurangan sehingga perusahaan rugi. Sehingga metode baru mulai dilakukan yaitu dengan mengisi sendiri listrik yang anda inginkan dengan uang, sama seperti membeli saldo. Setelah itu bila habis akan bunyi alarm dan menandakan harus beli kembali.

Metode pembayaran dari masa ke masa pada pembayaran listrik mulai berubah dengan menggunakan cara pembayaran listrik yang modern yaitu dengan pembayaran melalui saldo. Caranya yang pertama yaitu dengan mengganti kotak listrik ke kotak yang modern atau yang baru menggunakan saldo.

Metode pembayaran dari masa ke masa pada mekanisme pembayaran listrik PLN zaman sekarang

  • Mengganti kotak listrik dengan kotak yang baru

Anda pasti tahu kotak listrik yang baru sangat berbeda dnegan sebelumnya yang pastinya membuat anda belajar kemabli untuk cara menggunakan. Terdapat tombol yang digunakan untuk memasukan no seri yang berisi saldo. Sehingga anda mudah untuk mengisi kembali saldo anda dengan menuliskan kembali no seri dan tekan enter atau ok.

  • Mengisi saldo

Cara mengisi saldo in cukup mudah dengan cara mengisi pulsa di onter hp biasa. Dengan membawa no kotak listrik dan beritahu kepada sang pengisi saldo listrik. Setelah itu mereka akan melakukan transaksi dan setelah selesai akan muncul  no seri yang akan anda ketik di kotak listrik.

  • Cara pembayaran

Kalau anda membelinya di konter hp yang biasa menjual pulsa murah dan juga jasa pengisian saldo listrik anda bisa langsung membayar tunai karena masih menggunakan cara yang konvensional.

Metode pembayaran dari masa ke masa pada pembayaran listrik PLN

  • Melalui bank

Cara ini merupakan salah satu cara yang biasa anda lakukan. Cara ini menggunakan uang tabungan anda dan juga lebih mudah dilakukan. Caranya yaitu self service dengan mengisi no kotak listrik anda lalu pastikan benar tak ada kesalahan angka. Setelah itu isi nominal dan tunggu hingga transaksi selesai.Cukup mudah untuk anda lakukan bila anda ingin mengisi secara mandiri.

  • Melalui minimarket

Melalui minimarket sering sekali dilakukan oleh and ataupun para mahasiswa. Cara ini juga sangat mudah dan sama seperti melakukan transaksi pengisian pulsa. Dngan menuju tempat pembayara dan mengatakan ingin mengisi saldo atau token listrik.Setelah itu beritahu no listrik dan beri tahu nominal yang ingin anda isi.Tunggu sebentar dan lakukan pembayaran karena telah selesai, lalu ambil no seri berisikan token listrik.

  • Melalui online shop

Ini yang sering anda lihat di iklan komersil yaitu melalui toko online shop. Pembayaran mudah melalui internet banking atau transfer melalui atm anda bisa langsung mendapatkan token listrik, dengan cara yang sama pada pembelian di minimarket.

Jadi metode pembayaran dari masa ke masa pada pembayaran listrik PLN mulai berkembang dan semakin canggih dan modern. Dengan cara ini orang ammpu untuk mengetahui kebutuhan listrik yang mereka perlukan untuk keperluan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *