Beginilah Cara Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dikategorikan menjadi  kolesterol baik dan kolesterol jahat. HDL atau biasa disebut sebagai kolesterol baik akan membantu penyerapan lemak esensial. HDL juga membantu memproduksi hormon seks. Sedangkam kolesterol jahat atau LDL menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah yang berbahaya bagi tubuh. Kolesterol jahat yang tinggi pada tubuh manusia disebabkan oleh kebiasaan makan makanan yang berminyak dan berlemak tinggi. Penderita kolesterol tinggi ini akan sangat tinggi resikonya terkena penyakit stoke dan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan akan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri karena lemak yang akan memaksa pompaan jantung lebih ekstra ke seluruh tubuh. Maka dari itu Anda harus mengetahui cara menurunkan kolesterol.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Makanan Tertentu

Ada beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  Makanan tersebut mengandung banyak zat yang mampu melawan kolesterol jahat. Anda harus menganti makanan yang berkolesterol tinggi menggunakan makanan penurun kolesterol ini.

  1. Omega 3 dan Ikan

Dengan Anda mengkonsumsi ikan dan omega 3 akan mencegah beberapa enyakit menimpa tubuh Anda. Omega 3 dapat menurunkan resiko jntung serta mengurangi pengentalan darah. Selain itu, juga mampu menurunkan tensi atau tekanan darah. Anda dianjurkan untuk makan omega 3 yang banyak terkandung di ikan sebanyak 2 seminggunya.

  1. Kayu Manis dan Teh

Dengan Anda memakan ½ sendok teh kayu manis dalam sehari, akan dapat mengurangi kandungan gula darah dalam penderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Kayu manis ini juga terbukti mengurangi kadar kolestrol total dalam tubuh. Sedangkan teh mampu mengurangi penyumbatan dalam saluran pembuluh darah yang akan menjadi pemicu jantung.

  1. Kacang-Kacangan, Buah dan sayuran

Kenari dan Almond yang termasuk kacang-kacangan membantu Anda menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda. Sementara itu, sayuran dan buah banya mengandung vitamin yang berfungsi dalam menurunkan kolesterol.

  1. Anggur Merah da Jus Lemon

Anggur merah ini mengandung antioksidan yang tinggu dan berperan mebantu meningkatkan HDL dan melawan kolesterol di dalam darah. Lomon kaya akan vitamin C yang bila dikonsumsi secara rutin akan menurunkan kolesterol jahat di tubuh Anda.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Olahraga Tertentu

Selain mengunkan makanan dan minuman untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, Anda juga perlu mengimbanginya dengan olahraga agar hasilnya maksimal. Anda dapat melakukan olahraga ini saat pagi hari ataupun saat waktu senggang.

  1. Aerobik

Senam ini membantu otot jantung memompa darah menjadi lebih stabil dan kuat. Sehigga sistem metabolisme dapat berkerja dengan sempurna dalam pembakaran kelestrol di darah.

  1. Sepeda, renang dan lari

Olahrag tersebut dapat membuat jantung bekerja lebih cepat dan kuat. Selain itu juga mampu merangsang pembuatan zat atau enzim untuk mengurangi kolesterik jahat. Nantinya kolesterol jahat tersebut akan dikeluarkan menjadi urine atau kringat.

  1. Yoga

Olah raga yoga mampu merangsang pembentukan kolesterol baik dalam tubuh dan juga menurunkan kolesterol jahat secara efektif.

Itulah tadi beberapa cara menurunkan kolesterol baik melalui asupan makanan atau minuman dan juga melalui olahraga. Anda dapat melakukan beberapa cara tersebut di rumah saat waktu sengang ataupun saat pagi hari. Anda harus menyadari bahwa kolesterol jahat yang tinggi tersebut tidak baik dan berbahaya bagi tubuh Anda. Jadi Anda tidak boleh lengah dan harus selalu memperhatikan kesetahan Anda. Bila Anda seorang penderita diabetes tapi juga memiliki kolesterol tinggi, Anda harus mengkonsumsi  obat diabetes alami seperti daun kelor, lidah buaya, teh hijau dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *