Penyakit Kolesterol dan Asam Urat Normal

Penyakit kolesterol dan asam urat merupakan penyakit yang bisa berujung kematian dan tidak bisa disepelekan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan tidak mengenal umur. Anak – anak pun bisa saja terserang oleh penyakit ini. Adanya penyakit ini biasanya didominasi oleh pola hidup yang tidak sehat dan makanan yang sering dikonsumsi tidak dijaga dengan baik dan benar. Sebenarnya asam urat bukan merupakan sebuah penyakit. Namun jika kadar dalam tubuh melebihi batas normalnya maka hal itu akan bisa mengganggu kesehatan anda. Sama hal nya dengan kolesterol. Ada batasan kadar asam urat normal yang umumnya harus diperhatikan oleh setiap orang agar bisa menjaga asam uratnya sesuai dengan kadar normalnya.

Nilai rendah asam urat normal

  1. Pria dewasa mencapai 2 mg/dL
  2. Wanita dewasa mencapai 2 mg/dL
  3. Pria lanjut usia 40+ mencapai 2 mg/dL
  4. Wanita lanjut usia 40+ mencapai 2 mg/dL
  5. Anak laki – laki usia 10 – 18 tahun mencapai 3,6 mg/dL
  6. Anak perempuan usia 10 – 18 tahun mencapai 3,6 mg/dL

 

Nilai batas asam urat normal

  1. Pria dewasa hingga 7,5 mg/dL
  2. Wanita dewasa hingga 6,5 mg/dL
  3. Pria lanjut usia 40+ hingga 8,5 mg/dL
  4. Wanita lanjut usia 40+ hingga 8 mg/dL
  5. Anak laki – laki usia 10 – 18 tahun hingga 5,5 mg/dL
  6. Anak perempuan usia 10 – 18 tahun hingga 4 mg/dL

Berikut di atas adalah nilai rendah dan nilai batas asam urat normal menurut WHO. Nah jika kadar asam urat anda melebihi batasannya maka hal itu sangat perlu ditangani mengingat penyakit ini yang tidak bisa disepelekan. Karena tidak jarang penyebab kematian seseorang yang terlalu cepat disebabkan oleh penyakit ini. Namun anda tidak perlu khawatir dan resah karena ada obat alami untuk asam urat ini yang juga biasanya bisa anda gunakan sebagai obat kolesterol alami.

Adapun obat kolesterol alami dan asam urat normal yang pada umumnya sering digunakan oleh kebanyakan orang diantaranya :

  1. Bawang putih. Mengkonsumsi bawang putih setiap hari sebanyak 600 hingga 900 mg atau setara dengan satu siung dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang berlebihan dalam tubuh kita agar kadarnya menjadi stabil kembali.
  2. Makanan berbahan dasar kedelai. Ada banyak sekali makanan dan minuman yang berbahan dasar kedelai yang bisa kita temukan di Indonesia ini seperti tempe, tahu, dan susu kedelai. Makanan dan minuman ini mengandung banyak sekali protein sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang berlebihan dalam tubuh kita.
  3. Buah Delima. Buah yang satu ini dikenal memiliki kandungan yang dapat mengurangi penumpukan plak kolesterol dan meningkatkan kadar oksida nitrat yang berfungsi mengurangi plak dalam arteri tubuh kita. Jadi jika kita mengkonsumsinya secara rutin hal ini bisa menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang naik dalam tubuh kita.

Ada banyak sekali bahan – bahan alami lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat kolesterol dan asam urat. Sebaiknya kita melakukan pencegahan dari pada pengobatan. Nah untuk menjaga kadar asam urat normal kita dan juga kadar kolesterol kita agar tetap stabil, maka kita harus membiasakan pola hidup yang sehat. Rajin berolahraga setiap hari, memperbanyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan menjaga makanan serta minuman yang kita konsumsi setiap harinya.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *